Ini Dia Golang, Salah Satu Bahasa Pemograman Yang Digunakan Tokopedia

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Dunia dengan perkembangan teknologi informasinya, kini menjadi hal biasa di kalangan masyarakat. Karena itulah masyarakat sekarang berada di masa perlombaan untuk mengerti lebih dalam tentang teknologi informasi.Terutama untuk para programmer, karena semakin berkembang suatu teknologi maka semakin berkembang pula bahasa pemograman yang di gunakan.

Contohnya bisa kita lihat pada salah satu perusahaan e-commerce terbesar yang ada di Indonesia yaitu Tokopedia. Tokopedia telah menggunakan salah satu bahasa pemrograman yang cukup populer yaitu Golang (Go Language).

Berikut ini wawancara tim Techfor.id dengan Purnaresa Yuliartanto, Lead Software Engineer Tokopedia.

Bahasa pemrograman yang lagi naik daun dan sering digunakan di Tokopedia?

Kalau yang lagi naik daun, saya tidak bisa katakan karena bisa berbeda setiap orang. Tetapi yang paling sering dipakai di Tokopedia adalah Golang untuk bahasa pemrogramannya.

Untuk databasenya, kita kebanyakan PostgreSQL dan Non-SQL yang bernama Redis. Untuk pencarian data dan aggregation ada Elasticsearch.

Namun, di Tokopedia ini agak unik. Tim saya dan tim sebelah, bisa pakai teknologi yang berbeda, bahkan terlihat signifikan perbedaannya. Contoh, misalkan tim saya pakai jenis database Sakila, yang lain mungkin tidak pernah pakai, begitu juga sebaliknya.

Kita merasa bebas mencoba apapun sebagai Engineer Tokopedia. Ketika ada project baru, kita bisa menawarkan kepada Leader untuk pakai teknologi baru yang belum pernah digunakan.

Seperti bulan lalu, kami mulai menggunakan Firebase bernama Firestore yang belum pernah digunakan sebelumnya di Tokopedia, juga menggunakan serverless yang belum pernah digunakan secara ekstensif di Tokopedia.

Kita coba sampaikan bahwa kita ingin mencoba hal baru, kemudian setelah projectnya berjalan maka nantinya akan kita evaluasi teknologi tersebut. Jadi mindset nya adalah realisasikan terlebih dahulu, baru setelah berjalan akan kita evaluasi dan coba dibuat lebih baik.

Sejauh ini yang paling bagus untuk Tokopedia dan yang menarik serta banyak peminatnya untuk di Jakarta adalah Golang.

 Apa keunggulan dari Golang sendiri?

Keunggulan dari bahasa Golang yang secara personal disukai oleh tim kami adalah dia strongly typed. Kita dapat mengetahui adanya error di awal sehingga kita harus lebih teliti.

Kalau mau menjalankan di production server, kita harus build dulu, copy file binarynya lalu dijalani server. Kalau dari PHP kan di copy coding, terus hidupin server dan sekalian running.

Kalau di Golang deployment agak khusus, namun benefitnya sepadan, dengan performa yang cukup bagus meskipun diakses oleh cukup banyak orang di Indonesia. Saya rasa tanpa Golang kita tidak bisa melayani customers sebaik itu.

Purnaresa juga menceritakan pengalaman kerjanya di Tokopedia. https://techfor.id/software-engineering-adalah/

Awesome
    Share.

    About Author

    Purnaresa Yuliartanto

    Lead Software Engineer at Tokopedia. Co-Founder Safaar. IT Consultant at Internut Sdn. Bhd Malaysia (Sep 2017 - Jun 2018). Senior Software Engineer ta Fashion Valet Sdn. Bhd Malaysia (Mar 2017 - Apr 2018)

    2 Komentar

    Tanya Sesuatu Pada Narasumber & Komentar