Ini Tools Yang Digunakan Shopee Untuk Bersaing Dengan Kompetitor

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Untuk menggapai kesuksesan dalam persaingan bisnis di dunia digital ini tidak lepas dari peran seorang Marketing Analyst.

Menurut Fadli Arfi, seorang Senior Marketing Analyst di Shopee, peluang profesi Marketing Analyst di Indonesia ini dapat dikatakan memiliki peluang yang sangat besar karena dapat di lihat dari berbagai lini bisnis yang mulai beralih dari offline ke online. Sebagai contohnya banyak bermunculan e-commerce khususnya di Indonesia.

Kamu bisa dengarkan wawancara tim Techfor.id dengan Fadli Arfi, Senior Marketing Analyst Shopee dengan klik tombol play di bawah ini.

Nah, disitulah perannya Digital Business, Marketing Analyst semua dibutuhkan. Implementasi produk secara online membutuhkan skill dan pendekatan khusus dibanding dengan marketing secara offline. Triknya pun sudah berbeda seperti lebih memanfaatkan SEO, SEM, Blog dan lainnya.

Sebagai seorang Marketing Analyst tentunya memiliki tantangan-tantangan yang sering dihadapi, salah satu contohnya yaitu berkaitan dengan kompetitor.

Tentunya setiap perusahaan ingin menjadi yang terbaik diantara kompetitor mereka. Sehingga seorang Marketing Analyst bekerja dengan terus memantau pergerakan kompetitor setiap harinya, misalnya dengan mengunduh aplikasi milik kompetitor.

Terlebih jika Marketing Analyst bekerja pada perusahaan e-commerce. Dunia e-commerce memiliki banyak tantangan.

Seorang Marketing Analyst juga tidak di tuntut untuk dapat menguasai bahasa-bahasa pemrograman karena pada profesi Marketing Analyst lebih banyak memanfaatkan tools yang sudah disediakan.

Ada banyak tools yang dapat digunakan untuk Marketing Analyst, seperti contohnya google analytics, tools Ahref ataupun adwords. Namun yang paling membantu adalah Ahref.

Karena dalam penggunaannya sendiri bisa dibilang fitur yang ditawarkan sangat lengkap walaupun harganya yang cukup mahal. Menurut Fadli, hal yang membedakan adalah pelayanan customer servicenya yang sangat membantu dibandingkan dengan tools lain yang menggunakan sistem robot dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan.

Salah satu contoh kasus yang sering dirasakan oleh Fadli adalah saat tools yang dipakai pada website mengalami error atau adanya fitur baru yang butuh pemahaman lebih. Saat seperti itu, penyedia layanan memberikan respon yang cepat sehingga juga dapat memudahkan proses kerja kita.

Sebagai Marketing Analyst ada beberapa hal yang dilakukan agar strategi marketing yang telah dibuat berjalan dengan optimal. Mulai dari mengelola blog – blog, optimasi situs web, hingga menganalisa competitor.

Karena tidak hanya melihat dari sudut pandang internal perusahaan saja dalam menjalankan strategi. Tetapi juga dari external melalui competitor analyst. Dimana kita bisa melihat apa yang sedang dilakukan oleh competitor.

Kemudian mencoba untuk menerapkan strategi tersebut dengan beberapa modifikasi tentunya. Dari proses tersebut kita dapat melihat apa kekurangan dan kelebihan kalau strategi tersebut diterapkan di perusahaan kita.

Bukan tanpa kendala, bekerja dalam dunia digital marketing yang bergerak sangat cepat tentunya juga memiliki banyak kendala. Diperusahaan besar seperti Shopee, birokrasi bisa menjadi sebuah kendala, misalnya saat melakukan permintaan budget yang pastinya akan melewati level-level manajerial. Sedangkan dalam mengimplementasikan sebuah strategi digital marketing harus berjalan dengan cepat.

Ini merupakan salah satu kesulitan yang dihadapi didalam dunia kerja Marketing Analyst. Untuk memecahkan kesulitan yang dihadapi tidak ada cara lain selain dengan belajar dan terus memperbarui ilmu pengetahuan yang dimiliki.

Share.

About Author

Fadli Arfi

Co - Founder at Nyetir.id. E-commerce Performance Marketing at Mobil88 Senior Marketing Analyst at Shopee

3 Komentar

Tanya Sesuatu Pada Narasumber & Komentar