Mau Jadi Youtuber? Wajib Tahu Rahasia-Rahasia Ini!

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +
Rico Huang Entrepreneur Youtube Bisnis


Berdasarkan riset Statistik, jumlah pengguna Youtube akan mencapai angka 1,8 miliar orang pada tahun 2021 mendatang. Tidak perlu heran jika Youtube kian dilirik oleh para pebisnis sebagai platform untuk menggaet pangsa pasar online. Ya, Youtube kini diburu pengguna internet bukan hanya untuk mendapatkan hiburan, tetapi juga untuk belajar atau mendapatkan informasi terbaru.

Youtube sendiri dinilai sebagai pusat penghasil uang yang baik. Karena banyak sekali Youtuber yang meraup omzet fantastis dari Ad sense dan Youtube itu sendiri. Jika kamu tertarik untuk mencapai hal serupa, simak tips dari Rico Huang, pebisnis online yang kerap dipromosikan secara gratis oleh Youtube.

Lo kan di Youtube banyak video. Impact nya ke bisnis lo apa? Kekuatan Youtube sekarang gimana?

Menurut gue Youtube itu media yang sangat bagus. Selama ini viewers gue tumbuh bukan karena traffic social media gue. Jadi gue punya ratusan ribu followers di social media, di direct ke Youtube, yang nonton tidak sampai ratusan ribu. Justru karena video gue disukai sama pengguna Youtube, Youtube merekomendasikan video gue. Sampe ratusan ribu views. Dan itu promosi gratis. Kalau artis masuk ke Youtube ya tidak salah. Karena semakin bagus lo bikin konten, semakin jago lo bikin konten, Youtube akan semakin seneng sama lo dan itu jadi promosi gratis.

Efeknya ke bisnis gue, orang jadi lebih kenal gue. Ketika gue bikin konten lain di luar Youtube, orang akan lebih aware tentang gue. Karena gue juga sering sharing, tidak ngambil untung dari Ad sense karena kecil juga kan Ad sense.

Bisa berdampak langsung ke penjualan?

Kalau di Youtube gue jual produk buku bisnis gue. Kadang-kadang gue buka peluang bisnis juga, tetap sih mereka harus masuk ke leads gue untuk bisa download aplikasi gue, mereka pelajari dulu, kalau mereka cocok baru beli produk gue. Kalau produk fisik bisa langsung direct sih. Kayak review kamera handphone, beli di gue aja lebih murah.

Di direct ke lead itu, orang-orang yang udah liat lo, bisa ukur tidak lead lo naik berapa dari Youtube?

Tidak bisa diliat. Bisa tapi mesti di edit pakai bit.ly. Ngitungnya di situ. Tapi semua orang yang beli produk gue, pasti nyebutnya Youtube. Jadi tau gue dari Youtube, terus ke sini ke sini, jadi enak banget kan. Atau gue beli buku lo, terus ke Youtube. Jadi kata kunci Youtube ini selalu masuk di benak mereka. Itu juga kenapa gue selalu maintain Youtube karena sempet tidak booming Youtube gue. Tapi kata Youtube selalu muncul.

Data pengunjung youtube dan google

Apakah booming karena konten lo udah banyak atau lo melakukan sesuatu yang beda dengan konten lo?

Gue bikin konten yang beda. Dulu gue cuma bikin konten tentang Facebook advertising, dropship, kecil banget marketnya. Kalau sekarang gue bikin konten untuk semua orang yang suka dunia entrepreneur. Mau dia karyawan, pengusaha, profesional di bidang masing-masing, itu market yang beda. Misal mereka request gue untuk wawancara orang, gue akan wawancara orang. Gimana sih caranya jualan. Meskipun tidak ada hubungannya ke dropship.

Potensi pemasaran digital sekarang dan kedepannya?

5 tahun lagi biaya iklan pasti lebih mahal karena bentar lagi corporate bakal masuk. Jadi mending masuk sekarang ke dunia digital, termasuk Youtube. Tapi kalau ngomongin potensi, digital itu lebih terukur, efisien, dan bisa dilihat gagal atau keberhasilan itu kenapa karena ada datanya.

Share.

About Author

Rico Huang

Co-Founder & CEO PT Alona Indonesia Raya. Co-Founder at Dropshipaja.com

1 Komentar

  1. Embun dwi putri on

    Untuk membuat konten di Youtube , apa saja hal – hal yang harus di lakukan sebagai new youtuber sehingga viewers dan sucribes dapat meningkat dan di terima oleh YouTube?

Tanya Sesuatu Pada Narasumber & Komentar